Mobil RI 1 VS Mobil USA 1 | AR™EDIA

Pages

 
 
Friday, April 27, 2012

Mobil RI 1 VS Mobil USA 1

MOBIL RI 1



Mobil ini merupakan kendaraan lapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7. Mercedes-Benz ini tahan terhadap senjata militer standar dan memberikan perlindungan terhadap fragmen yang muncul dari granat tangan, serta bahan peledak lainnya.





Fitur keamanan tambahan termasuk ban run-flat, tanki bahan bakar 90L dan sistem pemadam kebakaran otomatis. Selain itu, mobil ini juga menggunakan ban Michelin PAX 245-700 R470 AC, sistem pengaturan udara segar darurat, sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela (beroperasi secara tersendiri dari sistem elektronik), serta Panic Alarm System tambahan.

Selain itu, ada pula kamera belakang, kaca depan dan jendela depan yang tahan panas, sistem adjutable doorhold yang digunakan di keempat pintu, di pintu belakang yang dapat ditarik dan menutup secara otomatis, serta tirai belakang listrik.

Kendaraan ini memiliki kecepatan puncak 210 kilometer / jam dengan GVW 4.200 kilogram.
Mobil Presiden SBY ini juga memiliki pengatur komponen suspensi dan tubuh mobil, sebuah penjepit tambahan (strut tower brace) antara suspensi depan dan dua bahan tambahan di bagian belakang untuk melengkapi suspensi udara yang lebih besar



MOBIL USA 1



Kehadiran presiden Amerika Serikat di negara mana pun selalu didampingi oleh berbagai komponen pengamanan, termasuk mobil kepresidenan. Artinya, Presiden Barack Obama ke Indonesia beberapa hari yang lalu juga menggunakan mobil khusus Cadillac One yang juga dijuluki "The Beast".

Julukan mobil ini didapat karena sosok dan kekuatannya bagaikan monster. Wujudnya masih mencerminkan sedan limosin mewah Cadillac yang memadukan desain SUV Escalade dan sedan STS, tetapi di balik badannya terdapat sasis truk GMC Topkick. Jaraknya dari tanah menjadi lebih tinggi, yang juga membuat pandangan keluar mobil menjadi lebih optimal.

Dan bukan AS jika mereka tak mengantisipasi kemungkinan serangan bersenjata pada pemimpinnya ini. Tak heran jika mobil dibuat bagaikan benteng berjalan. Kaca antipeluru 8 inci, ban dengan teknologi run-flat yang menggunakan material kevlar, hingga pelat baja pintu setebal 5 inci membuat Obama tetap aman di dalam mobilnya meski diserbu dengan bom dan pelontar granat. Bahkan kacanya dapat menahan tembakan pistol Magnum kaliber .44 dari jarak nol sentimeter.

Di dalam kabin terdapat sekat antigas beracun, dengan suplai oksigen khusus untuk mengantisipasi serangan gas kimia. Kabinnya sendiri bisa memuat tujuh orang penumpang termasuk sang presdien. Dua orang duduk di kabin depan, sementara lima lainnya di kabin belakang. Terdapat sekat kaca di antara kedua kabin ini dengan tempat duduk yang berhadap-hadapan.

Tak hanya keselamatan, kenyamanan presiden juga dijamin dengan seperangkat sistem hiburan di dalam mobil, berupa sistem audio-video dengan 10 CD-changer dan pengatur suhu individual. Bahkan tempat duduk presiden juga dilengkapi dengan pemijat. Sebagai penunjang kerja presiden, sistem komunikasi canggih termasuk komputer kerja presiden disiapkan di dalam mobil ini.

Tak ada detail spesifikasi teknis yang bisa diketahui oleh umum tentang mobil ini. Hanya General Motors (GM) yang memproduksi dan Secret Service (petugas pengamanan presiden AS) yang mengetahui detailnya. Koran Daily Mail Inggris sempat menyebutkan bahwa mobil ini menggunakan mesin diesel 6,5 liter dan harganya mencapai 460.000 dollar AS.

0 komentar:

Post a Comment

Updates Via E-Mail

Recent Comments